Sabtu, 01 Januari 2011

pendahuluan laporan ayam

PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Daging ayam merupakan pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan protein hewani keluarga.
Daging ayam banyak dipilih karena harganya lebih murah dibandingkan jenis daging lainnya dan sesuai dengan selera masyarakat. Salah satu jenis ayam yang permintaan dagingnya cukup banyak adalah ayam broiler. Ayam potong/broiler merupakan ayam ras yang memiliki
karakteristik ekonomi sabagai penghasil daging dengan ciri khas pertumbuhan yang cepat, konversi makanan irit, dan siap dipotong pada relatif muda. Pada umumnya ayam ini dipelihara sampai berusia 5 – 7 minggu dan berat tubuh sekitar 1,3 Kg - 1,8 Kg (Murtidjo, 2003).
Peranan ayam broiler di Indonesia mulai menonjol sejak tahun 1980 untuk memenuhi kebutuhan daging ayam dimasyarakat. Hingga saat inipun usaha tersebut tetap bersprospek dan permintaan ayam broiler terus meningkat.
Menurut Kartika (2003) bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan ayam pedaging /broiler terus meningkat karena harga yang relatif lebih rendah dibanding dengan dagingsejenis, pertumbuhan penduduk tinggi, peningkatan pendapatan, peningkatan kesadaran pemenuhan gizi dan ketersediaan produk.
Untuk konsumsi rumah tangga sampai akhir tahun 2002 konsumsi daging ayam masyarakat mencapai 964,1 Ribu ton dibanding pada tahun 1969 hanya 339,2 ribu ton atau kenaikan sebesar 60 % dari 13 % terhadap konsumsi daging nasional (Kartika, 2003). Usaha pemeliharaan ayam potong di kota Ternate dan sekitarnya telah lama dilaksanakan, bahkan baik secara perorangan (rumah tangga) dalam jumlah yang relatif kecil maupun secara kemitraan tentunya dalam jumlah yang relatif besar.
Banyaknya para peternak ayam potong merupakan suatu nilai yang positif untuk menunjang kontribusi kepada pemerintah dan masyarakat dalam rangka ikut memenuhi permintaan pasar terhadap protein hewani asal ternak dari hari ke hari sejalan dengan semakin bertambahnya kebutuhan masyarakat. Hal ini juga yang menjadi Tantangan dan problema yang dihadapi oleh para peternak ayam potong mulai dari segi teknis yaitu menyangkut dengan sistem, metode dan tatalaksana pemeliharaan juga masalah non-teknis yaitu menyangkut segi manajemen bisnis ekonomi yang menguntungkan atau pendapatan yang diperoleh peternak.
Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk melakukan suatu penelitian tentang sejauh mana pendapatan yang diperoleh peternak ayam broiler dan tingkat kelayakan usaha pemeliharaan ayam broiler di kota ternate, maluku Utara

1 komentar: